Image News

FAQ (Frequently Asked Questions)

FAQ :

Penerimaan mahasiswa baru
Universitas Siber Asia

1

Alur Pendaftaran

 

 

Halo Kak! Terimakasih telah bertanya. Berikut adalah Alur pendaftaran di UNSIA :

1.      Mendaftar melalui website pmb.unsia.ac.id;

2.      Melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp. 100.000

3.      Silahkan periksa email dan lihat ID dan PIN yang diperlukan;

4.      Log-in di pmb.unsia.ac.id dengan ID dan PIN yang sudah didapat

5.      Isi biodata dan juga dokumen yang diminta di website

6.      Mengganti foto akun pendaftaran dengan foto formal

7.      Klik menu finalisasi, setelah itu kaka bisa melihat jadwal test di menu cetak kartu ujian

8.      Setelah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus, kaka bisa melakukan proses daftar ulang ;

9.      Setelah selesai melakukan proses pendaftaran ulang, silahkan tunggu informasi berikutnya lewat email

2

Proses Daftar Ulang

 

Proses daftar ulang dilakukan setelah calon mahasiswa baru dinyatakan lulus Tes Seleksi. Hasil tes seleksi dapat diakses melalui pmb.unsia.ac.id dengan melihat menu hasil seleksi atau dari email. Setelah dinyatakan lulus , silahkan melakukan pembayaran biaya kuliah. Pembayaran biaya kuliah dapat diayarkan secara langsung (1 semeter) atau menggunakan sistem pencician sebanyak 2 kali dalam satu semester dengan besaran per cicilan yaitu Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah).


Cara melakukan daftar ulang adalah melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) baik cicilan pertama ataupun penuh. Pembayaran cicilan dapat dianggap telah melakukan daftar ulang.

3.

Biaya Kuliah

 

Sesuai dengan No 38 tahun 2021 tentang Pengaturan Kewajiban Keuangan bagi Mahasiswa di Lingkungan Universitas Siber Asia. Biaya kuliah UNSIA adalah seebsar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) per semester. Biaya tersebut dapat dicicil sebanyak 2 kali dalam satu semester dengan biaya per cicilan yaitu sebesar Rp 1.500.000 (Satu Juta lima ratus ribu rupiah).

4

Konversi dan Transfer SKS

 

Silahkan menghubungi petugas PMB kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai konversi dan transfer SKS.

5

Akreditasi

 

Universitas Siber Asia merupakan Universitas Siber pertama yang seluruh program studinya sudah TERAKREDITASI Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT). Bahkan, Program Studi Sistem Informasi telah mendapatkan Akreditasi B dari BAN PT berdasarkan SK Surat Keputusan Dewan Eksekutif BAN PT No 6440/SK/BAN-PT/Ak/S/IX/2022. Program Studi lainnya sedang menunggu visitasi lapangan dan diharapkan tahun ini nilai Akreditasi Prodi akan meningkat ke nilai B atau setara dengan Baik Sekali.

6

Izin Operasi

 

Dasar operasi kami adalah SK Mendikbud No. 757/M/2020 tentang izin pendirian Universitas Siber Asia.

7

Alamat Kampus UNSIA

 

Jl. Harsono RM No.1, RT.9/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

 

8

Mode Pembelajaran

 

Di UNSIA, kami menggunakan dua mode pembelajaran yang berjalan beriringan, yakni (1) mode pembelajaran asinkron: Ketika mahasiswa tidak mesti online bersamaan dengan dosen sementara (2) mode sinkron: ketika mahasiswa wajib online bersamaan dengan dosen

9

Syarat Pendaftaran

 

Calon mahasiswa baru UNSIA wajib menyertakan dokumen sebagai berikut saat pendaftaran:

1.      Memiliki Email Aktif (Seluruh komunikasi formal dan informasi terkait dengan UNSIA dilakukan melalui Email)

2.      Ijazah SMA / Sederajat; asli bercap basah dan fotokopi terlegalisasi

3.      Fotocopy/ Scan KTP yang berlaku

4.      Akta Kelahiran

5.      Kartu Keluarga

9.

Nomor Pokok Nasional Siswa (NPSN)

 

Informasi terkait dengan Nomor POkok Nasional (NPSN) dapat diakses melalui link sebagai berikut : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

10.

Test Penerimaan Mahasiswa Baru

 

Test Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIA meliputi :

1. Seleksi Administratif

2. Seleksi Computer Based Test (CBT).

    Materi CBT terdiri dari : Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

11.

Bagaimana apabila saya telat mengikuti tes yang terjadwal?

 

Calon mahasiswa baru dapat menghubungi CS di nomor yang telah ditentukan untuk mengikuti tes susulan atau masuk ke gelombang selanjutnya. Namun, UNSIA hanya memberikan kesempatan 2x untuk melakukan tes susulan. Apabila sampai kali ke-2 camaba belum juga mengikuti tes seleksi, maka camaba diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang.

12.

Bagaimana apabila saya telat mengikuti tes yang terjadwal?

 

Idem dengan nomor 11.

13.

Kenapa saya tidak bisa mengupload dokumen saat pendaftaran atau daftar ulang?

 

Kendala dalam mengunggah materi disebabkan oleh ukuran file yang terlalu besar. Silahkan compress / kurangi ukuran file kaka.

14.

Program Studi di UNSIA

 

UNSIA memiliki 5 program studi, yaitu :  

1. Manajemen

2. Akuntansi

3. Sistem Informasi,

4. Informatika,

5. Komunikasi

 

Silahkan kunjungi website kami di https://www.unsia.ac.id untuk melihat contoh perkuliahan di UNSIA

15.

Jenjang Pendidikan

 

Jenjang pendidikan di UNSIA adalah strata satu atau S1.

 

Saat ini kami belum membuka perkuliahan untuk jenjang Magister (S2) atau Doktoral (S3)

16.

Bagaimana alur pembayaran untuk Daftar Ulang (Membayar Biaya Kuliah Semester)

 

Tata cara pembayaran:

1.      Login ke akun masing masing

2.      Klik menu Riwayat pembayaran

3.      Jika ingin membayar penuh Rp. 3.000.000 maka ceklis seluruh tagihan lalu klik generate VA dan bayar menggunakan VA yang tertera

4.      Jika ingin membayar minimal Rp. 1.000.000 maka cukup ceklis tagihan cicilan ke 1 klik generate VA dan bayar menggunakan VA yang tertera

5.      Unggah bukti pembayaran ke menu daftar ulang

17

Perihal Virtual Account

 

Apabila kamu memiliki kesulitan dalam melakukan proses pembayaran dapat menghubungi Bagian Keuangan UNSIA di nomor di bawah ini :

WhatsApp Bagian Keuangan UNSIA di   0812 8008 7526

 

 

28 Juli 2021, 08:57:48